Lepaskan Pengalaman Buruk Anda!!

Pengalaman Buruk - Menurut kamus bahasa Indonesia arti Pengalaman adalah yang pernah dialami (dijalani, dirasai, ditanggung, dsb): ia suka menceritakan - nya semasa revolusi fisik. Jadi Pengalaman Buruk itu merupakan hal / kejadian / peristiwa buruk yang pernah dialami pada masa lalu. Tentu saja Pengalaman Buruk itu merupakan kejadian yang tidak kita inginkan tapi sudah terjadi. Kita akan bahas bagaimana cara mengatasinya.


Banyak orang yang memilih , menjadikan pengalaman buruk sebagai sebuah hambatan dan batu sandungan dalam langkah hidupnya. Tentu saja ini berbahaya, karena akan menjadi Mental Block bagi kita yang menjadikan kita tidak bahagia dan sulit untuk melangkah maju dan sukses. Ini beberapa contoh Pengalaman Buruk dan cara mengatasinya :


Disakiti orang lain

Mungkin dahulu ada orang yang pernah menyakiti kita baik itu sengaja dan tidak sengaja yang membuat kita sangat sakit dan tidak bisa melupakannya. Tentu saja ini adalah perbuatan yang salah jika kita terus mengingatnya dan tidak melepaskannya. Karena hanya membuat kita sakit sendiri, menyiksa diri dan sulit untuk melangkah maju. Kenyataannya orang yang menyakiti kita sudah lupa dan tidak memikirkannya, tetapi kita masih sibuk memikirkan kejadian itu. Jadi coba anda melakukan Self Talk atau berkata kepada diri anda sendiri :

"Buat apa saya memikirkan kejadian menyakitkan itu, itu hanya menyakiti diri saya sendiri, membuat saya tidak bisa melangkah maju dan bahagia. Saya adalah pribadi yang baik, penyayang, perhatian dan saya layak untuk bahagia dan sukses. Saya memutuskan untuk tetap melangkah maju, meraih semua cita-cita dan kesuksesan saya. Pengalaman buruk kecil saya ini tidak dapat menghentikan saya. Saya adalah pribadi yang kuat dan tegar dan saya memiliki Tuhan yang maha besar, jadi saya memutuskan untuk melupakan pengalaman buruk dan hidup bahagia dan sukses"


Masalah Percintaan

Sama halnya seperti sebelumnya, masalah percintaan juga disebabkan oleh orang lain yang menjadikan pengalaman buruk bagi kita. Tapi sangat salah jika karena satu pengalaman buruk ini anda kemudian trauma untuk mencintai orang lain. Karena kenyataannya tidak semua orang sama, tidak semua orang akan menyakiti anda. Banyak sekali orang yang dapat membuat anda bahagia dan mencintai anda dengan tulus. Jika anda memutuskan untuk tidak mencinta lagi, itu sama saja artinya seperti anda jatuh karena didorong oleh orang yang "jahat" , tetapi anda memilih untuk tetap tergeletak ditanah sedangkan ada banyak sekali orang yang menjulurkan tangannya untuk menolong , membahagiakan dan mencintai anda dengan tulus tapi anda tetap memilih untuk menangisi orang yang sudah mendorong anda dan tetap menyakiti diri anda sendiri. Jadi coba anda melakukan Self Talk atau berkata kepada diri anda sendiri :

"Saya adalah pribadi yang penyayang, tulus dalam mencintai, baik dan setia , jadi saya layak untuk mendapat cinta yang tulus , pasangan yang baik dan setia. Saya membiarkan masa lalu saya berlalu karena saya layak mendapat yang terbaik buat saya. Saya akan terus mencari orang yang layak untuk mendapat cinta saya dengan lebih teliti sesuai pengalaman saya karena saya layak untuk bahagia dan mendapat cinta yang tulus"

Peristiwa Buruk

Anda pasti pernah mengalami peristiwa atau suatu kejadian buruk dalam hidup anda. Dan mungkin itu menjadi Pengalaman Buruk anda yang blom bisa anda lupakan. Jangan sampai itu membuat anda takut untuk melangkah maju atau menjadi trauma, justru jadikan kejadian itu menjadi batu loncatan dan pengalaman bagi anda. Peristiwa yang buruk itu akan menjadi pengalaman yang baik bagi anda agar anda bisa melangkah lebih jauh dan tidak jatuh dilublang yang sama. Jadi coba anda melakukan Self Talk atau berkata kepada diri anda sendiri :

"Saya adalah pribadi yang kuat dan tegar. Saya dapat menjadikan pengalaman buruk yang saya alami menjadi pengalaman berharga yang membuat saya dapat melangkah lebih maju dibanding orang lainnya. Saya layak untuk hidup bahagia dan sukses, jadi saya mengambil keputusan untuk terus maju dan menjadikan peristiwa buruk yang saya alami menjadi batu loncatan buat saya."

Itu adalah beberapa pengalaman buruk yang sering terjadi pada manusia. Masih banyak lagi beberapa contoh pengalaman buruk lainnya. Cara menyelesaikannya adalah sama, jadikan itu sesuatu yang positif, jangan biarkan anda menyiksa diri anda karena itu. Karena anda layak untuk bahagia dan sukses. Intinya sesuatu yang buruk atau bukan hanyalah dari sebuah pikiran. Bagaimana sesuatu kejadian dianggap buruk oleh orang lain dan dianggap baik bagi yang lainnya hanya tergantung sudut pandang dan cara dia berfikir. Jadi berfikir lah positif dan jangan menyakiti diri anda sendiri.

Anda juga bisa menyelesaikan masalah anda dengan Terapi Emotional Freedom Technique atau juga Self Hypnosis  . Sekian artikel Lepaskan Pengalaman Buruk Anda!! ini. Jika anda rasa aritkel ini bermanfaat, segara bagikan kepada teman anda di social media dengan mengklik tombol yang ada dibawah. Terima kasih :)

Sumber gambar : google.com
21 Hari Mencari Jodoh 486x60

8 comments

Gokil kaka artikelnyaaa hahaha ngena banget-_-

Woww keren, intinya self talk ya :D

Nice artikel, kira-kira mulai muncul effeknya setelah berapa lama ya?

Thanks :D Iya intinya self talk mau gimana masalahnya juga

Tiap orang beda-beda, tergantung individu nya. Yang penting terus lakuin aja, minimal 2 kali setiap hari setelah dan sebelum bangun tidur :)

Back To Top