Self Hypnosis - Memprogram Ulang Pikiran

Self Hypnosis - Sekarang kita akan membahas bagaimana sugesti yang ditanamkan dipikiran bawah sadar kita dapat permanen, yaitu dengan Self Hypnosis. Self Hypnosis dapat didefinisikan sebagai sugesti diri(self suggestion) , karena saat kita melakukan pemrograman diri itu artinya kita sedang melakukan sugesti diri sesuai harapan kita.



Kekuatan Sugesti Diri

Pada saat melakukan Self Hypnosis ini sama seperti kita sedang memberi sugesti diri. Bagusnya dengan sugesti ini kita dapat mengubah sesuatu yang buruk dan negatif didalam diri kita menjadi positif dan bermanfaat. Kita dapat melakukan pemrograman pikiran yang positif sehingga hidup menjadi semakin terkendali dan bahagia. Kita dapat mempercepat dalam pencapaian tujuan-tujuan yang sudah kita tetapkan dalam hidup kita , sehingga kita dapat mendapatkan semua yang kita inginkan.

Ada istilah "What are you thinking that's what you are", yang artinya apa yang kita pikirkan tentang kita, itulah diri kita. Sugesti diri membentuk karakter diri dan identitas siapa diri kita. Hebatnya lagi sugesti diri dapat mengubah mindset kita atau cara pandang kita menjadi lebih baik. Anda tentu saja dapat merasakan pengaruh besar dari sebuah kata-kata. Mungkin jika selama ini kita merasa kurang percaya diri, secara sadar ataupun tidak sadar kita sudah menanamkan sugesti diri yang negatif kedalam pikiran kita. Coba anda katakan dalam diri "Saya malas... Sangat malas... Saya sangat malas". Anda pasti sekarang benar-benar merasa malas bukan?

Langkah-Langkah Self Hypnosis

Pertama tetapkan tujuan anda menggunakan formula SMART :
Specifik (Spesifik)
Spesifik memiliki arti tujuan yang jelas dan tidak samar. Misalnya "memiliki kebiasaan baik" tentu itu kurang spesifik, anda dapat menggantinya dengan "Memiliki kebiasaan belajar setiap hari".
Measurable (Terukur)
Kita harus dapat mengetahui apakah tujuan kita tersebut sudah tercapai atau belum, untuk itulah diperlukan tujuan yang terukur.
Affect (Pengaruh emosi)
Kita harus menetapkan tujuan yang menganduk emosi positif didalamnya. Karena emosi terletak pada pikiran bawah sadar, maka dari itu ketika anda menetapkan tujuan yang penuh emosi positif sambil melakukan visualisasi akan semakin mempercepat tujuan tersebut.
Realistic (realistis)
Tujuan yang kita tetapkan garus realistis yang artinya harus dalam kendali kita dan dapat kita capai. Contoh yang tidak realistis seperti memenangkan lotre, karena itu diluar kendali kita
Time (waktu)
Menetapkan waktu dari tujuan yang kita inginkan. Misalnya "Saya mendapat nilai bagus pada juli 2014".  Hal ini dilakukan agar pikiran bawah sadar secara cepat dapat membantu untuk mencapai yang telah anda tetapkan

 Setelah itu , nyatakan tujuan itu dengan ringkas, positif, dalam bahasa present tense (saat ini) dan menggunakan kata "saya" .

Contohnya "Saya memiliki pekerjaan yang menyenangkan dengan gaji besar paling lambat Juli 2014" , "Saya adalah seorang programmer sukses dengan penghasilan 200jt perbulan pada tanggal 1 Janurari 2017".

Kedua Menyiapkan Diri Anda.
Kita harus menyiapkan diri untuk masuk kondisi hipnosis. Hal ini perlu dilakukan karena menentukan keberhasilan dari proses Self Hypnosis yang dilakukan. Anda harus melakukan relaksasi, caranya adalah pejamkan mata anda , perhatikan napas anda, berikan perhatian saat menarik dan menghembuskan napas. Ucapkan dalam hati :

"Saya berniat untuk memasuki kondisi relaksasi ... melepaskan segalanya... mengistirahatkan tubuh dan pikiran saya"

"Saya akan menhitung mundur dari 25 ke 1 bersama hembusan napas saya... dan setiap kali saya menghitung ... saya akan merasakan kenyamanan dan ketenangan yang lebih dalam dari sebelumnya..." [Lakukan hitungan mundur]

Untuk langkah-langkah selanjutnya pada artikel Self Hypnosis - Memprogram Ulang Pikiran akan dilanjutkan pada artikel ke-2 Self Hypnosis - Memprogram Ulang Pikiran II

Sumber gambar : google.com
Sumber artikel : buku terapi self - hypnosis 21 Hari Mencari Jodoh 486x60

Back To Top