Operator Aritmatika pada Delphi

Sebelum pembahasa mengenai Operator Aritmatika sebaiknya kita mengetahui terlebih dahulu operator penugasan Symbolnya berupa ” := ” ( titik dua sama dengan ) , symbol ini digunakan untuk memproses suatu nilai pada variable tertentu ke variable lainnya. Contoh:
a:=b+c;
contoh diatas memberikan pejelasan bahwa nilai b dan c akan diproses dengan menggunakan penjumlahan dan nilai akhirnya akan dimasukan ke variabel a.

Operator Artimatika

Operator Aritmatika ini digunakan untuk melakukan proses aritmatika, seperti penambahan, pengurangan, perkalaian dan pembagian.

Operator penjumlahan ( + )

Operator penjumlahan ini digunakan untuk melakukan proses aritmatika yang menjumlahkan nilai dua variable atau lebih, dan nilai akhirnya akan dimasuakan ke variable yang baru yang sudah ditentukan.
nilai:=7+2;
#hasil dari variabel nilai adalah 9

Operator pengurangan ( – )

Operator pengurangan ini digunakan untuk melakukan proses aritmatika yang mengurangkan nilai variable satu ke variable dua atau varibale lainnya, dan nilai akhirnya akan dimasuakan ke variable yang baru yang sudah ditentukan.
nilai:=7-2;
#hasilnya dari variable nilainya adalah 5

Operator perkalian ( * )

Operator perkalian ini digunakan untuk melakukan proses aritmatika yang mengalikan nilai dua variable atau lebih, dan nilai akhirnya akan dimasuakan ke variable yang baru yang sudah ditentukan.
nilai:=7*2;
#hasilnya dari variable nilainya adalah 14

Operator pembagian ( / )

Operator pembagian ini digunakan untuk melakukan proses aritmatika yang membagi nilai satu variable oleh variable dua atau variable lainnya, dan nilai akhirnya akan dimasuakan ke variable yang baru yang sudah ditentukan.
nilai:=7/2;
#hasilnya dari variable nilainya adalah 3.5

Operator hasil bagi berupa bilangan bulat ( div )

Operator div ini digunakan untuk melakukan proses aritmatika yang seperti halnya operator pembagian, tetapi yang diambil angka bulatnya saja.
nilai:=7 div 2;
#hasilnya dari variable nilainya adalah 3

Operator sisa bagi berupa bilangan bulat ( mod )

Operator mod ini digunakan untuk melakukan proses aritmatika yang seperti halnya operator pembagian, tetapi yang diambil adalah angka sisanya saja.
nilai:=7 mod 2;
#hasilnya dari variable nilainya adalah 1
Setelah mengetahui operator aritmatika sebaiknya anda juga mengetahui tentang operator string sederhana ,symbolnya yang digunakan berupa smbol ” + “digunakan untuk menggabungkan dua string atau lebih dan variablenya harus berupa string. Contohnya :
a:=’belajar’
b:=’program-id’
c:=a+b;
hasilnya adalah ‘belajarprogram-id’ , kenapa tanpa spasi, karena selain string mengenal semua jenis angka, huruf, dan beberapa tanda baca, string juga mengenal “spasi”. Jika ingin ditambahkan spasi tambahkanlah satu spasi pada string terakhir variable a, atau string awal pada variable b. Contohnya :
a:=’belajar ‘
b:=’program-id’
c:=a+b;
Maka hasilnya menjadi ‘belajar program-id’

Pembelajaran Operator Aritmatika ini masih sangat mudah untuk dipahami.
Sekian artikel tentang Operator Aritmatika pada Delphi. Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda. Selamat mencoba. Langsung bagikan artikel ini kepada teman anda di social media dengan klik tombol share on di bawah dan jangan lupa berikan komentar anda :) 21 Hari Mencari Jodoh 486x60

Back To Top