Self Hypnosis - Memprogram Ulang Pikiran II

Self Hypnosis II - Artikel ini melanjutkan dari artikel pertama Self Hypnosis - Memprogram Ulang Pikiran

Ketiga Tahapan Visualisasi dan Afirmasi

Visualisasi
Visualisasi adalah teknik pemrograman pikiran dengan cara mengimajinasikan gambaran mengenai apa yang diinginkan dalam pikiran bawah sadar kita. Tahapan ini merupakan tahapan yang sangat penting dalam proses Self Hypnosis. Untuk lebih jelasnya coba lakukan latihan berikut :

"Sekarang coba anda bayangkan pengalaman menyenangkan sewaktu SMA. Coba bayangkan dan rasakan kembali pengalaman tersebut. Lihat dan rasakan apa yang anda temukan. Biarkan semuanya kembali dalam pikiran anda dan saat itu sangat jelas sekali apa yang anda lihat dan perasaan yang muncul ketika anda mengingat pengalaman menyenangkan saat anda di SMA."

Nah setelah anda melakukan latihan diatas, apakah anda dapat mengingat kembali pengalaman anda yang menyenangkan sewaktu SMA? Jika mampu, apa yang anda lihat? Coba jelaskan situasi dan peristiwa yang menyenangkan itu, sehingga muncul perasaan bahagia dalam diri anda. Latihan tersebut merupakan latihan untuk mengakses emosi positif yang pernah kita alami dan rasakan.

Jika anda mampu untuk mengakses perasaan kemudian memunculkan gambaran situasi kondisi tersebut, maka pada dasarnya anda dapat melakukan visualisasi. Adapun yang membedakan teknik visualisasi dalam Self Hypnosis atau saat kita memprogram pikiran kita adalah dengan cara membayangkan atau memvisualisasikan suatu emosi atau perilaku tertentu yang ingin kita install di pikiran bawah sadar kita.



Afirmasi
Afirmasi adalah teknik yang digunakan untuk memperkuat program pikiran yang ingin diinstall dalam pikiran anda. Afirmasi merupakan kalimat atau kata-kata yang diucapkan berulang-ulang dengan tujuan melakukan pemrograman pikiran bawah sadar.

Dalam melakukan Self Hypnosis, afirmasi harus dilakukan bersamaan dengan visualisasi sehingga gambaran mental yang anda imajinasikan dalam pikiran bawah sadar semakin melekat kuat. Jadi ketika anda sudah melakukan relaksasi yang dalam, langkah selanjutnya anda dapat melakukan visualisasi dengan cara membuat gambaran mental mengenai program pikiran yang ingin anda install dalam pikiran anda. Setelah itu anda perkuat dengan cara melakukan afirmasi, sehingga sugesti akan semakin kuat tertanam dalam pikiran bawah sadar anda. Berikut ini adalah beberapa contoh afirmasi :

"Setiap hari dalam segala hal keadaanku semakin membaik"
"Semakin hari dalam hidupku saya semakin percaya diri"
"Apapun yang saya butuh dapat saya dapatkan dengan cepat dan sempurna"
"Setiap hari saya semakin termotivasi untuk belajar dan semakin semangat membara untuk belajar"

Keempat adalah Emerging
Tahapan terakhir pada Self Hypnosis adalah bangun kembali menuju kondisi normal atau yang disebut Emerging. Tahapan emerging pada umumnya dilakukan dengan hitungan. Sebelum melakukan emerging ini, sebaiknya anda sudah melakukan visualisasi dan afirmasi untuk menginstall program pada pikiran bawah sadar anda. Berikut adalah contoh Emerging :

"Sesaat lagi saya akan bangun dari kondisi hipnosis dan saya akan bangun sehat seperi sediakala. Saya akan bangun dengan kondisi yang luar biasa dengan pemahaman baru dan semangat baru dalam hidup. Saya akan menghitung dari 1 sampai 5 pada hitungan ke 5 saya akan bangun. Satu ... bagus sekali ... dua ... tiga ... empat ... saya mulai bisa menggerakan kaki dan tangan saya ... dan lima ... saya membuka mata dan bangun"

Setelah anda melakukan pemrograman pikran ini ada beberapa hal yang terjadi, yaitu program pikiran akan langsung bekerja pada waktu yang singkat, perubahan terjadi sedikit demi sedikit atau ada jeda waktu masuknya afirmasi dengan jalannya program pikiran afirmasi bisa dalam beberapa hari, minggu atau mungkin bulan. Maka dariitu anda harus rutin melakukannya , setidaknya 5 menit sebelum dan sesudah anda tidur.

Berikut ini adalah rangkuman dari semuanya, agar sugesti yang anda tanam dalam pikiran bawah sadar berjalan efektif :

1. Siapkan kalimat afirmasi yang akan anda sugestikan dalam pikiran anda. Buat skrip sugesti penuh emosi dan tervisualisasikan dengan jelas. Skrip tersebut harus :

  • Singkat dan mudah dimengerti
  • Kalimat dengan waktu sekarang (Present tense)
  • Kalimat positif dan hindari kalimat negatif
  • Selalu membuat senang dan penuh emosi
2. Sebelum anda melakukan relaksasi , lakukan sugesti "Saya yakin dan tahu bahwa sugesti ini pasti bekerja untuk kebaikan dan kemanjuan saya" sebanyak 5 kali

3. Lakukan relaksi 2 - 3 menit dan pastikan anda benar - benar merasakan pikrian yang tenang dan fisik anda yang sangat rileks.

4. Sesudah masuk kondisi relaksasi yang dalam, bacakan skrip yang sudah dibuat, visualisasikan dan afirmasikan dengan sangat jelas dan penuh dengan emosi positif.

5. Keluar dari kondisi relaksasi dengan Emerging menghitung angka.

Terapi Self Hypnosis sangat baik untuk menghancurkan Mental Block anda. Cukup sekian artikel mengenai Terapi self hypnosis ini. Jika anda rasa aritkel ini bermanfaat, segara bagikan kepada teman anda di social media dengan mengklik tombol yang ada dibawah. Terima kasih :)

Sumber gambar: google.com
Sumber artikel: buku Terapi Self - Hypnosis
21 Hari Mencari Jodoh 486x60

Back To Top