Terapi Emotional Freedom Technique

Terapi Emotional Freedom Technique - Emotional Freedom Technique merupakan seuatu teknik yang digunakan untuk mengubah Emotional State dari kadar negatif yang tinggi menjadi turun dan hingga hilang. Dasar dari Emotional Freedom Technique merupakan hubungan antara pikiran, tubuh dan energi melalui sistem energi tubuh. Teknik ini merupakan aplikasi sederhana dari akupunktur dan akupresur yang dikembangkan kembali sehingga lebih sederhana dan efek instan yang luar biasa tingkat keberhasilannya 80-95% sembuh. Teknik ini sangat bagus untuk menghancurkan Mental Block.




Cara Melakukan Emotional Freedom Technique

Pertama anda pikirkan mental block atau program negatif apa yang ingin anda hilangkan. Misalnya anda ingin menjadi percaya diri dan menghilangkan rasa takut untuk tampil didepan banyak orang. Setelah itu anda perhatikan jalur meridian pada gambar diatas. Yang harus anda lakukan adalah

  1. Lakukan ketukan ringan(tapping) dengan 2 jari pada pada titik-titik jalur meridian sebanyak 7-9 kali dengan lembut saja, yang penting anda dapat merasakan sensasi ketukan pada titik-titik tersebut. Lakukan bertahap dari titik paling atas sampai kebawah. 
  2. Lakukan afirmasi (Ucapan yang diulang terus menerus) emosi positif yang diinginkan. Misalnya "Semakin hari dalam hidupku saya semakin percaya diri dan percaya diri" sambil terus melakukan tapping.
Untuk afirmasi anda tidak perlu pengucapkan kalimat-kalimat secara verbal, anda cukup merasakan emosi negatif tersebut kemudian dengan sungguh-sungguh dan ikhlas untuk melepaskan mental block yang mengganggu kehidupan anda selama ini.

Anda dapat melekukan afirmasi contohnya dengan kaliamat "Meskipun saya ________, saya memilih ______". Misalnya anda ingin menjadi percaya diri anda bisa melakukan afirmasi yaitu "Meskipun saya takut berbicara didepan banyak orang, akan tetapi saya memilih untuk percaya diri dan menerima diri saya apa adanya."

Selain melakukan afirmasi anda juga harus menggunakan emosi anda. Misalnya sambil menutup mata dan melakukan tapping pada titik-titik meridian anda berkata "Meskipun saya takut berbicara didepan banyak orang" sambil membayangkan saat anda berbicara didepan banyak orang, anda merasakan takut, tidak percaya diri, gerogi dan saat anda berkata "Akan tetapi saya memilih untuk percaya diri" , anda rasakan emosi saat anda percaya diri, berbicara dengan lancar, rasakan emosi senang dan percaya diri tersebut.

Urutan Tahapan Emotional Freedom Technique

  1. Titik tengah diatas kepala
  2. Pangkal alis mata (kiri atau kanan, pilih satu)
  3. Tulang pelipis (kiri atau kanan, pilih satu)
  4. Tulang dibawah mata (kiri atau kanan, pilih satu)
  5. Dibawah hidung
  6. Dibawah dagu
  7. 2cm dari titik tulang selangka (kiri atau kanan, pilih satu)
  8. Dibawah ketiak

Contoh Emotional Freedom Technique

Berikut ini merupakan contoh yang bisa anda gunakan. Baca kalimat afirmasi positif ini, satu afirmasi untuk satu titik ketuk sambil mengetuk sebanyak 7 - 9 kali. Anda tidak perlu fokus pada berapakali ketungan, karena yang perlu anda fokuskan adalah melakukan afirmasi sambil merasakan emosi positifnya.



Sekian artikel mengenal Terapi Emotional Freedom Technique ini, semoga artikel ini bermanfaat bagi anda untuk menjadikan anda pribadi yang lebih baik dan penuh percaya diri. Gunakan teknik ini untuk menghancurkan mental block anda. Jika anda rasa aritkel ini bermanfaat, segara bagikan kepada teman anda di social media dengan mengklik tombol yang ada dibawah. Terima kasih :)

Sumber gambar: google.com
Sumber artikel: buku Terapi Self - Hypnosis 21 Hari Mencari Jodoh 486x60

Back To Top