Tutorial Membuat Form pada Program Delphi7

Kali ini saya akan membuat sebuah tutorial yaitu membuat sebuah form pada Program Delphi7. Caranya sangatlah sederhana. Pada saat anda pertama membuka program Delphi7 maka akan tampil seperti ini :
Gambar pada Delphi7
1. Ini merupakan form pada delphi, yang akan kita isikan Button, Edit, Label ,dll.
2. Ini merupakan listing program, kita dapat mengetikkan kodingan pada unit1.pas ini.
3. Ini yang akan kita tarik dan kita taruh pada form, disini tertabat Edit, Label, Button ,dll.

4. Ini merupakan properties, misal nya kita mengklik Label dan kita dapat mengubah nama, caption, font dll pada properties ini.

Lalu cara untuk menaruh Button ke dalam form adalah hanya dengan mengklik button pada nomer 3 seperti pada gambar, kemudian klik di form, maka di form anda sudah ada button. Begitu juga cara yang sama untuk menaruh Edit, Label dll.

Lalu cara mengubah nama pada Label, Buton, Edit dll pada properties. Misalnya pada Button. Klik Button kemudian lihat pada nomer 4 seperti gambar, cari Caption dan tinggal dirubah namanya, misal nya diubah menjadi 'Close', maka button tersebut akan bertuliskan 'Close'. Jika ingin mengubah edit, klik pada edit, kemudian liat di properties, cari Text dan ubah namanya. Biasa nya edit diisikan kosong, agar pada saat program dijalankan tinggal langsung mengetik pada edit.

Cara untuk memasukkan kodingan pada Button atau yg lain , kita hanya cukup mengklik 2x kemudian akan secara otomatis masuk ke  unit seperti gambar pada nomer 2. Lalu kita langsung mengetikkan kodingan agar Button tersebut dapat bekerja seperti yg kita inginkan.

Setelah anda sudah tau cara membuat sebuah form anda bisa langsung mencoba membuat sebuah program sederhana yaitu Membuat Calculator dengan Delphi7.
Selamat mencoba, semoga tutorial ini dapat membantu dan berguna bagi anda :-)  21 Hari Mencari Jodoh 486x60

Back To Top